bersarapan di warung bu dedeh

pagi yang tidak terlalu sibuk seperti pagi biasanya, saya memutuskan untuk sesekali keluar berburu sarapan. fyi, sarapan adalah salah satu aktivitas yang teramat malas saya kerjakan. saya lebih suka menggabungkan sarapan dan makan siang menjadi satu jam makan. orang-orang sering menyebutnya dengan brunch.


sebelum beraktivitas, saya menyempatkan sarapan di salah satu warung makan di martadinata, yang cukup ramai ketika saya kunjungi. ya, warung bu dedeh. tampak banyak pegawai negeri sipil berseragam cokelat, sedang riuh di ruang dalam warung ini. "ah, pesanan saya pasti lama datangnya..", gumam saya. dan ya, itu diamini malaikat, pesanan saya lamaaaaaaa banget baru datang. padahal hanya sepiring nasi kuning.

satu, dua, sampai lima tweet saya kirim di akun @kulinertarakan, akhirnya pesanan saya datang juga. nasi kuning dengan lauk ayam! yang khas di warung bu dedeh ini, sambel goreng kentangnya. enak! saya suka, bahkan sambel goreng kentangnya ini dijual terpisah di satu kemasan yang diletakkan dekat meja kasir. harganya 10,000 idr, seingat saya.


nasi kuning ini juga disajikan dengan kerupuk, sangat jarang saya mendapatkan hal yang seperti ini. karena saya suka pedas, sambel adalah yang sering saya uber di satu tempat makan. dan di sini, saya mendapatkan sambel ijo! nyam- nyam, agak unik nih nasi kuning disambel-ijo-in. :3

rasa gimana rasa? enak! nasinya pulen sempurna, apalagi ketika bercampur dengan serundeng dan sambel ijonya. gurih pedas unik, sesekali bertemu aksen crunchy di diri sambe goreng kentang. ah, padanan sarapan yang oke! \o/

beberapa hari berikutnya, saya kembali ke warung bu dedeh ini untuk mencicipi lontong sayurnya. kala itu tidak terlalu ramai, jadi lontong sayur saya datang ke meja dengan begitu cepatnya. syut! wangi harum kuah lontong ini langsung menyeruak di hidung saya.



fyi, saya lebih menyukai lontong sayur dipadankan dengan lauk telur bumbu bali daripada lauk apaun yang ada di semesta ini. lontong sayur ini pun disajikan dengan kerupuk. sruputan pertama, hmm, kuahnya enak nih, gurih dengan sedikit aksen kecut. penambahan sedikit sambel ijo mungkin bisa lebih menaikkan rasa lontong sayur ini. benar saja, rasanya jadi lebih oke. pedas hautjek, suka!

overall, warung bu dedeh ini cukup oke buat kalian bersarapan dengan teman, ataupun keluarga, ruang makannya cukup besar. bisa menampung sekitar 20-30 orang. mulai dari sekarang, biasakan selalu sarapan! \o/


warung bu dedeh
jl. re. martadinata, samping sma hangtuah,
tarakan

price
nasi kuning lauk ayam - 15,000 idr
lontong sayur lauk telor - 10,000 idr
air es - free

rating

nasi kuning lauk ayam - 7/10
lontong sayur lauk telor - 7.5/10
place - 7/10

2 comments:

  1. over all mama dedeh top untuk nasi kuning, campur dan pecel. tapi saya kecewa sama ayam penyetnya, beberapa kali saya makan rasa ayamnya masih hambar, tapi tambahan urapnya ok juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, untuk penganan sarapannya memang oke. warung ini sudah saya mark hanya untuk sarapan. saya pribadi belum nyoba ayam penyetnya, soalnya udah punya ayam penyet jagoan. ditunggu reviewnya, yaa. :D

      Delete

 
  • kuliner tarakan © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes